Senin, 05 Oktober 2009

E-Commerce

E-COMMERCE

Pengertian Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet[3, 13].

Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Dengan menghubungkan jaringan komputer perusahaan dengan internet, perusahaan dapat menjalin hubungan bisnis dengan rekan bisnis atau konsumen secara lebih efisien. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga istilah E-Commerce pun menjadi identik dengan menjalankan bisnis di internet.
E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.Sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:

1. Menyediakan harga kompetitif. 2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah. 3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas. 4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon. 5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian. 6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain. 7. Mempermudah kegiatan perdagangan

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:

* E-mail dan Messaging
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking

Dengan menggunakan teknologi informasi, E-Commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.

Karakteristik e-commerce:
1.Terjadinya transaksi antara dua pihak
2.Adanya pertukaran antara barang,jasa atau informasi.
3.Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme dalam perdagangan tersebut.

E-commerce terbagi atas dua segmen,yaitu:
1. Perdagangan antar pelaku usaha.
2. Perdagangan antar pelaku usaha dengan konsumen.

Kelebihan E-commerce:
1.Jangkauan lebih luas (dunia).
2.Penghematan sumber daya.
3.Ruang untuk toko (fisik) dan SDM.
4.Availabilitas,buka 24 jam,7 hari seminggu,tidak mengenal hari libur.
5.Skalabilitas:dapat diperluas atau diperbanyak item barang tanpa batasan.
6.Konsumen mendapat informasi lebih manyal dan beragam.

Kelemahan E-Commerce:
1Iisu security.
2.Pembajakkan kartu kredit,stock exchange fraud,banking fraud,hak atas kekayaan intelektual.
3.Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan.
4.Ketidaktepatan waktu pengiriman.
5.No cash payment.
6.Indonesia belum memiliki perangkat hukum yang mengakomodasikan e-commerce.
7.Masalah kultur yaitu sebagian masyarakat belum merasa puas bila tidak melihat langsung barang yang akan dibelinya.




Referensi:
1.dasril.wordpress.com/e-commerce/pengertian-e-commerce.
2.baliorange.web.id/pengertian e-commerce

Tidak ada komentar:

Posting Komentar