Jumat, 26 Februari 2010

GUNAKAN INTERNET SECARA SEHAT

GUNAKAN INTERNET SECARA SEHAT
Menurut surat kabar harian “POSKOTA” yang terbit pada tanggal 20 Februari tahun 2010,pada tahun 2009 bisa dibilang sebagai tahun jejaring social.hasil survey yang dilakukan Nielsen Co,pada periode ini penggunaan Facebook mencapai 350 juta orang.Facebook digunakan sebagai sarana bisnis,pertemanan,diskusi,menjaring ajang reuni dan lainnya.
Beragam tangggapan positif dan negatif muncul seiring perkembangan dunia internet di Indonesia.Tujuan penggunaan pun beragam,mulai dari sekedar menjaring banyak teman,menjamin rerasi bisnis,mencari dukungan dengan membuat group penggemar,bahkan juga menjadi ajang kampanye oleh para caleg.
Mulai anak sekolah,mahasiswa,ibu rumah tangga,pedagang kaki lima,pengusaha,pejabat tinggi,presiden menggunakan jejaring sosial satu ini.Bahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono,menteri dan sejumlah jenderal pun membuat akun di Facebook untuk menggalang panggemar.
Tak hanya dampak negatif yang bisa muncul,namun banyak sisi positif yang didapat dari dunia maya ini.Filternya tergantung dari diri kita masing-masing.
Berikut ini ada beberapa tips cara menggunakan internet secara sehat,diantaranya :
1. Harus dipahami bahwa dunia maya,banyak kepalsuan yang bisa menjerumuskan penggunanya.Terjun ke dunia maya sebaiknya paham sisi positif dan dampak negatif sehingga bisa mengantisipasi jadi korban.
2. Jangan masukkan identitas pribadi lengkap pada halaman info di akun.Hal ini mengundang penjahat untuk bertindak merugikan kita.
3. Selektif dalam menerima ajakkan pertemanan di dunia maya.
4. Seperti di dunia nyata,tetaplah bersikap santun di dunia maya dan berpegang pada etinet (etika berinternet).
5. Jangan mudah terbujuk rayuan manis serta ajakan bisnis di dunia maya sebelum anda melakukan cek lengkap.
6. Untuk orang tua,sudah saatnya harus mengerti teknologi sehingga bisa memantau teman-teman dan kegiatan anak berbagai forum dan situs pertemanan di internet.
7. Buat juga akun di jejaring sosial yang sama dengan anak anda lalu ikutlah berteman dengan anak dan teman-temannya.
8. Pantau kegiatan anak selama asyik berselancar di dunia maya.
9. Buat komunikasi yang baik dengan anak sehingga setiap permasalahan anak diketahui orang tua lalu membantu mencari jalan keluarnya.


referensi : surat kabar harian “POSKOTA” yang terbit pada tanggal 20 Februari 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar